[Enter Post Title Here]
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN Lumutan 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ : IV
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber/ Bahan/ Alat |
|||
Jenis Tagihan |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||
2.3 |
Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) | Pengetahuan Produk
Pengetahuan Proses Melaksanakan eksplorasi dan kerja kelompok untuk menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan alat peraga geometri
Afektif
Psikomotor
|
Menentukan FPB dan KPK |
|
Penilaian Kognitif
(Tes)
(Non Tes)
Afektif (non tes)
Psikomotor (non tes)
|
Tes tulis Uraian
Lembar Pengamatan
Lembar Pengamatan
Lembar Pengamatan |
Tentukan FPB dari 16 dan 28!
|
10 x 35’ (4 kali pertemuan) |
Buku BSE Kelas IV Karangan Burhan Mustaqim dan Ary Astuty
Standar Isi Mata Pelajaran Matematika
Alat Peraga: Alat peraga bangun datar geometri |
Pendidikan Karakter:
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Lumutan 01
Mata pelajaran : Matematika
Kelas : IV
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tanggal : 3-10-2012
1. Standar Kompetensi : 2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
2. Kompetensi dasar : 2.3. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
3. Indikator
Pengetahuan Produk
- Menentukan FPB dua bilangan
- Menentukan KPK dua bilangan
Pengetahuan Proses
Melaksanakan eksplorasi dan kerja kelompok untuk menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan alat peraga geometri
Afektif
- Dengan diskusi kelompok siswa dapat mengembangkan sikap saling bertanggung jawab, bekerjasama dan toleransi dalam berdiskusi menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan bangun geometri
Psikomotor
Terampil menggunakan alat peraga dalam menentukan FPB dan KPK
4. Tujuan pembelajaran :
Pengetahuan Produk
- Melalui diskusi siswa kelas IV SDN Lumutan 1 dapat menentukan FPB dua bilangan dengan benar
- Dengan diskusi, siswa kelas IV SDN Lumutan 1 dapat Menentukan KPK dua bilangan dengan benar
Pengetahuan Proses
Melaksanakan eksplorasi dan kerja kelompok untuk menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan alat peraga geometri
Afektif
- Dengan diskusi kelompok siswa dapat mengembangkan sikap saling bertanggung jawab, bekerjasama dan toleransi dalam berdiskusi menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan bangun geometri
Psikomotor
- Terampil menggunakan alat peraga dalam menentukan FPB dan KPK
5. Materi : Menentukan FPB dan KPK
6. Metode Pembelajaran : Investigasi, ceramah, demonstrasi, dan diskusi
7. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Tahap |
Kegiatan |
Waktu |
|
Guru |
Siswa |
||
Penda-huluan |
Mengucapkan salam (religious) | Menjawab salam |
5 menit |
Mengajak siswa berdoa sebelum pelajaran dimulai (religious) |
Siswa secara klasikal berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing | ||
Guru memberikan deskripsi soal tentang FPB (eksplorasi) | Siswa secara klasikal menjawab pertanyaan guru | ||
Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran | Siswa mendengarkan penjelasan guru | ||
Kegi-atan Inti |
Guru menjelaskan makna FPB dan KPK | Siswa memperhatikan penjelasan guru |
55 menit |
Guru mengenalkan alat peraga (eksplorasi) | Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang petunjuk penggunaan alat peraga | ||
Guru menunjuk secara acak dan bergantian tiap kelompok untuk mencoba (rasa ingin tahu, mandiri) | Siswa secara bergantian dari tiap kelompok mencoba alat peraga
Siswa secara bergantian menempelkan potongan persegi untuk menentukan FPB dan KPK |
||
Guru membentuk kelompok (elaborasi) | Siswa berkelompok secara acak yang dibentuk dalam 5 kelompok | ||
Guru membagi lembar kerja kelompok
(kerjasama, tanggungjawab, toleransi)
|
|
||
Guru meminta perwakilan kelompok untuk maju, menyampaikan hasil diskusi kelompok (konfirmasi) (tanggung jawab) | Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusi secara klasikal
|
||
Guru membagikan lembar evaluasi (mandiri dan tanggungjawab) | Siswa mengerjakan tugas mandiri | ||
Kegia-tan Akhir |
Guru tanya jawab kepada siswa untuk menyimpulkan materi yang telah di pelajari (konfirmasi) | Siswa menjawab pertanyaan guru, untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari |
10 Menit |
Guru bertanya tentang kesulitan kesulitan apa yang dialami pada materi ini (konfirmasi) | Siswa menyampaikan kesulitan-kesulitan yang ia alami pada pelajaran hari ini |
8. Sumber Belajar
Alat : Alat peraga bangun datar geometri (potongan persegi 4 satuan luas, 9 satuan luas, 16 satuan luas, 25 satuan luas
Sumber : Buku BSE Kelas IV Karangan Burhan Mustaqim dan Ary Astuty, Standar Isi Mata Pelajaran Matematika
9. Penilaian
Penilaian kognitif produk : Tes
Penilaian kognitif proses : Non tes
Penilaian afektif : Non tes
Penilaian Psikomotor : Non tes
Mengetahui, Bondowoso, 3-10-2012
Kepala Sekolah Guru Kelas
PUTROWADI,S.Pd PANJI AMBORO,S.Pd,M.Pd
NIP 19601004 198112 1 003 NIP 19820717 200312 1 005
MATERI FPB DAN KPK
Contoh Tentukan FPB dan KPK dari 12 dan 15!
Langkah langkah penyelesaian
- Buatlah bentuk persegi panjang yang ukurannya nilai FPB (12 cm x 15 cm)
- Buatlah bentuk persegi yang ukurannya sisa dari FPB (12 cm)
- Jika masih ada sisanya, buatlah bentuk persegi dari ukurannya sisa, jika masih ada buatlah persegi sampai tidak bisa lagi di buat persegi (3 cm x 3 cm)
Penyelesaian
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
1 |
12cm x 12 cm |
|||||||||||
2 |
||||||||||||
3 |
||||||||||||
4 |
||||||||||||
5 |
||||||||||||
6 |
||||||||||||
7 |
||||||||||||
8 |
||||||||||||
9 |
||||||||||||
10 |
||||||||||||
11 |
||||||||||||
12 |
||||||||||||
13 |
3 cm x 3 cm |
3 cm x 3 cm |
3 cm x 3 cm |
3 cm x 3 cm |
||||||||
14 |
||||||||||||
15 |
Maka FPB dari 12 dan 15 adalah 3
Menentukan KPK dengan menggunakan alat peraga geometri
Langkah pengerjaan
- Buatlah bentuk persegi panjang yang ukurannya nilai FPB (12 cm x 15 cm)
- Karena FPB 12 dan 15 sudah diketahui 3, maka dalam kotak persegi ukuran 12 cm x 15 cm nanti akan di bagi 3 bagian atau (dalam kalimat matematikanya )
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Atau
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari hasil pembagian kotak persegi panjang di atas tiap bagian warna terdapat 60 kotak persegi, ini berarti KPK dari 12 dan 15 adalah 60
LEMBAR KERJA SISWA
1. Standar Kompetensi : 2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
2. Kompetensi dasar : 2.3. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
Kerjakan dengan kelompokmu, dengan menggunakan potongan persegi tentukan FPB dan KPK dari:
- 15 dan 25
- 12 dan 21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lanjutan Lembar kerja siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR EVALUASI
1. Standar Kompetensi : 2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
2. Kompetensi dasar : 2.3. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
Arsirlah bangun persegi di bawah ini, untuk menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan!
- FPB dari 20 dan 15
- KPK dari 20 dan 15
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lanjutan Lembar Evaluasi
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KUNCI JAWABAN
FPB dari 20 dan 15
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jadi FPB dari 15 dan 20 adalah 5
KPK dari 15 dan 20
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Atau
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN PENGETAHUAN PROSES
LEMBAR KERJA SISWA
Berilah tanda check list (√)pada tabel di bawah ini!
No |
Nama Siswa |
Aspek yang diamati |
Jumlah score perolehan |
Nilai |
||||||||
Ketepatan jawaban |
Ketepatan meletakkan potongan persegi |
Kerapian |
||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||||
1 |
Aditya Hari Karisma |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Riwanto |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Wahyu Hidayat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Muhammad Abbas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Ana Dwita Sari |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Ahmad Rifaldi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Bayu Hermawan Putra |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Bunga Mawar Oktavia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Deky Khaerukman |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Dwi Yulia Tiar Magehi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Fani Faradiba |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Gilang Ginanda Putra |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Indah Fitriani |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Latifatul Uhro |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
Lina Nurul Latifah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
Mashudi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
Muzakki Syah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
Mery Dwi Febriyanti |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
Miftahus Surur |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
M. Ainul Yaqin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
M. Ghofur Alamsyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22 |
M. Yusron Nurhakim |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23 |
Rafmad Ifandi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24 |
Risky Ayu Safitri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25 |
Wanda Ayu Wulandari |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26 |
Zainul Muhaimin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27 |
Fujiyanto |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28 |
Hardika |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29 |
Fransisco |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30 |
Divky |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31 |
Abdullah Ghaist |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN LEMBAR PENGAMATAN SISWA
No |
Aspek |
|
Kriteria |
1 |
Ketepatan jawaban |
3 |
mampu menjawab soal dengan benar |
2 |
hanya mampu menjawab soal 3-4 | ||
1 |
hanya mampu menjawab soal 1-2 | ||
2 |
Ketepatan meletakkan warna bilangan |
3 |
Tepat meletakkan warna bilangan beserta jumlahnya |
2 |
Kurang tepat meletakkan warna bilangan beserta jumlahnya | ||
1 |
Tidak tepat meletakkan warna bilangan beserta jumlahnya | ||
3 |
Kerapian |
3 |
Hasil kerja kelompok rapi |
2 |
Hasil kerja kelompok kurang rapi | ||
1 |
Hasil kerja kelompok tidak rapi |
Keterangan
Score maksimal: 9
Nilai =
LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN SISWA
(AFEKTIF SISWA)
Berilah tanda check list (√)pada tabel di bawah ini!
No |
Nama |
Aspek yang diamati |
Jumlah score |
Nilai |
|||||||||||
Kerjasama |
Tanggung jawab |
Teliti |
Komunikatif/ toleransi |
||||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||||
1 |
Aditya Hari Karisma | ||||||||||||||
2 |
Riwanto | ||||||||||||||
3 |
Wahyu Hidayat | ||||||||||||||
4 |
Muhammad Abbas | ||||||||||||||
5 |
Ana Dwita Sari | ||||||||||||||
6 |
Ahmad Rifaldi | ||||||||||||||
7 |
Bayu Hermawan Putra | ||||||||||||||
8 |
Bunga Mawar Oktavia | ||||||||||||||
9 |
Deky Khaerukman | ||||||||||||||
10 |
Dwi Yulia Tiar Magehi | ||||||||||||||
11 |
Fani Faradiba | ||||||||||||||
12 |
Gilang Ginanda Putra | ||||||||||||||
13 |
Indah Fitriani | ||||||||||||||
14 |
Latifatul Uhro | ||||||||||||||
15 |
Lina Nurul Latifah | ||||||||||||||
16 |
Mashudi | ||||||||||||||
17 |
Muzakki Syah | ||||||||||||||
18 |
Mery Dwi Febriyanti | ||||||||||||||
19 |
Miftahus Surur | ||||||||||||||
20 |
M. Ainul Yaqin | ||||||||||||||
21 |
M. Ghofur Alamsyah | ||||||||||||||
22 |
M. Yusron Nurhakim | ||||||||||||||
23 |
Rafmad Ifandi | ||||||||||||||
24 |
Risky Ayu Safitri | ||||||||||||||
25 |
Wanda Ayu Wulandari | ||||||||||||||
26 |
Zainul Muhaimin | ||||||||||||||
27 |
Fujiyanto | ||||||||||||||
28 |
Hardika | ||||||||||||||
29 |
Fransisco | ||||||||||||||
30 |
Divky | ||||||||||||||
31 |
Abdullah Ghaist |
RUBRIK PENILAIAN LEMBAR PENGAMATAN SISWA
No |
Aspek |
Skor |
Kriteria |
1 |
Kerjasama |
1-3 |
3 = Jika siswa mampu bekerjasama dalam melakukan kegiatan |
2 = Jika siswa kurang bekerjasama dalam melakukan kegiatan | |||
1 = Jika siswa tidak mampu bekerjasama dalam melakukan kegiatan | |||
2 |
Tanggung jawab |
1-3 |
3 = Jika siswa mampu bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan |
2 = Jika siswa kurang bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan | |||
1 = Jika siswa tidak mampu bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan | |||
3 |
Teliti |
1-3 |
3 = Jika siswa teliti dalam pengerjaan |
2 = Jika siswa kurang teliti dalam pengerjaan | |||
1 = Jika siswa tidak teliti dalam pengerjaan | |||
4
|
Komuni-katif/ Toleransi |
1-3 |
3 = Jika siswa mampu komunikatif dalam kegiatan |
2 = Jika siswa kurang mampu komunikatif / menghargai pendapat teman lain | |||
1 = Jika siswa tidak mampu toleransi menghargai pendapat teman lain |
Keterangan
Score maksimal: 12
Nilai =
LEMBAR OBSERVASI
(PSIKOMOTORIK)
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota Kelompok : 1 ……………………………….
2 ……………………………….
3 ……………………………….
4 ……………………………….
5 ……………………………….
No |
Aspek Keterampilan |
Skor |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
1 |
2 |
3 |
||||
1 | Persiapan | |||||
Membacakan petunjuk pemakaian alat peraga | ||||||
Membagi tugas dalam kelompok | ||||||
2 | Pelaksanaan | |||||
Kerjasama, Komunikatif dan toleransi dalam kerja kelompok | ||||||
Tertib bekerja sama dengan kelompok sendiri/ tidak mengganggu kelompok lain yang sedang bermain | ||||||
Menemukan gagasan/ ide-ide pada kelompok dalam pemecahan masalah | ||||||
Mencatat hasil kerja kelompok | ||||||
Melaporkan hasil kerja kelompok | ||||||
3 | Penutup | |||||
Mengembalikan alat peraga kepada guru | ||||||
Membersihkan ruangan kelas | ||||||
Nilai Rata-rata | ||||||
Presentase rata-rata |
Rubrik
1 Nilai 3 jika siswa dapat melakukan aspek keterampilan dengan tepat
2 Nilai 2 jika siswa dapat melakukan aspek keterampilan kurang tepat
3 Nilai 1 jika siswa dapat melakukan aspek keterampilan tidak tepat
|
REKAPITULASI NILAI SISWA
No |
Nama Siswa |
Aspek yang dinilai |
Total Nilai |
Rata-rata Nilai Siswa |
|||
Kognitif Produk |
Kognitif proses |
Afektif |
Psikomotor |
||||
1 |
Aditya Hari Karisma |
|
|
|
|
||
2 |
Riwanto |
|
|
|
|
||
3 |
Wahyu Hidayat |
|
|
|
|
||
4 |
Muhammad Abbas |
|
|
|
|
||
5 |
Ana Dwita Sari |
|
|
|
|
||
6 |
Ahmad Rifaldi |
|
|
|
|
||
7 |
Bayu Hermawan Putra |
|
|
|
|
||
8 |
Bunga Mawar Oktavia |
|
|
|
|
||
9 |
Deky Khaerukman |
|
|
|
|
||
10 |
Dwi Yulia Tiar Magehi |
|
|
|
|
||
11 |
Fani Faradiba |
|
|
|
|
||
12 |
Gilang Ginanda Putra |
|
|
|
|
||
13 |
Indah Fitriani |
|
|
|
|
||
14 |
Latifatul Uhro |
|
|
|
|
||
15 |
Lina Nurul Latifah |
|
|
|
|
||
16 |
Mashudi |
|
|
|
|
||
17 |
Muzakki Syah |
|
|
|
|
||
18 |
Mery Dwi Febriyanti |
|
|
|
|
||
19 |
Miftahus Surur |
|
|
|
|
||
20 |
M. Ainul Yaqin |
|
|
|
|
||
21 |
M. Ghofur Alamsyah |
|
|
|
|
||
22 |
M. Yusron Nurhakim |
|
|
|
|
||
23 |
Rafmad Ifandi |
|
|
|
|
||
24 |
Risky Ayu Safitri |
|
|
|
|
||
25 |
Wanda Ayu Wulandari |
|
|
|
|
||
26 |
Zainul Muhaimin |
|
|
|
|
||
27 |
Fujiyanto |
|
|
|
|
||
28 |
Hardika |
|
|
|
|
||
29 |
Fransisco |
|
|
|
|
||
30 |
Divky |
|
|
|
|
||
31 |
Abdullah Ghaist |
|
|
|
|