Program Kerja Tahunan KS

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmad dan hudayahNya, semoga kami dapat menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya utamanya menyelesaikan program kerja tahunan, tahun pelajaran 2011-2012.

Program ini disusun berdasarkan kepada kalender pendidikan dan jajaran khususnya dari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bondowoso.

Dalam penyusunan program kepala sekolah ini kurang sempurna, walau telah berusaha seoptimal mungkin, hal ini terjadi pola pikir manusia terbatas termasuk kami.

Mudah-mudahan program kerja ini berdampak positif bagi para pendidik utamanya bagi guru-guru SD Negeri Lumutan 01 dan dapat menjabarkan dengan sebaik-baiknya.

 

             Lumutan, 17 Juli 2011

 

Mengetahui,

Kepala SDN Lumutan 01

 

 

 

PUTROWADI, S.Pd

NIP. 19601004 198112 1 003

 

Kurang dan lebihnya mohon petunjuk, agar program ini lebih baik dan dapat mendukung kami dan para guru dalam mengemban tugas. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VISI

 

Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso

“ Terwujudnya masyarakat Bondowoso yang beriman, berdaya, dan bermartabat.”

 

Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso

“Terwujudnya insan cerdas, religius, dan kompetitif”.

 

Visi SDN Lumutan 01

“Terwujudnya peserta didik yang unggul, cerdas, terampil, beriman, bertaqwa dan berbudaya serta menjadikan sekolah sebagai tempat pendidikan karakter bagi anak”

 

 

MISI

 

  • Meningkatkan kemampuan profesionalisme kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan.
  • Mewujudkan peserta didik yang unggul memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, beriman dan taqwa, mampu melanjutkan ke jenjang golongan pendidikan yang lebih tinggi, serta siap memasuki dunia usaha dan dunia Industri.
  • Meningkatkan kegiatan pemberdayaan peserta didik, pembinaan generasi muda, olahraga dan kepramukaan.
  • Memelihara, membina dan mengembangkan nilai-nilai budaya daerah dan nasional sebagai upaya membangun peserta didik yang berbudaya.
  • Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dan memberikan pelayanan prima terhadap peserta didik dan masyarakat.
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  • Melaksanakan pendidikan yang ada kaitannya dengan kebutuhan peserta didik dan masyarakat/orang tua

 

 

 

 


KERANGKA PROGRAM KERJA

 

NO JENIS KEGIATAN SASARAN WAKTU
  UMUM

1.1    Mengadakan Rapat

 

 

1.2    Penataran guru

 

1.3    Libur sekolah

 

 

 

 

 

 

1.4    Upacara

 

 

MENGAJAR / BELAJAR

2

2.1    Persiapan mengajar

 

2.2    Penyajian

 

2.3    Penilaian dan Pembinaan Kelas

 

 

 

2.4    U A S / U T S /  U K K / U N

 

 

 

 

2.5    Pembagian  Rapor

 

 

1.1.1        Rapat di sekolah

1.1.2        Rapat rutin

1.1.3        Rapat lainnya

1.2

1.2.1        penataran dari dinas P dan K

1.2.2        KKG / KKS

1.3

1.3.1        Libur semester

1.3.2        Libur awal puasa dan  sekitar hari raya

1.3.3        Libur khusus

1.3.4        Libur besar

1.3.5        Hari-hari nasional agama

 

1.4

1.4.1        Upacara bendera

1.4.2        Upacara nasional

1.4.3        Upacara keagamaan

 

2

2.1

2.1.1        Buku perpisahan

2.1.2        Buku rangkuman

2.2

2.2.1        Jalan pelajaran

2.2.2        Ilustrasi

2.3

2.3.1        Administrasi guru

2.3.2        Kemuridan

2.3.3        Peralatan

2.3.4        Keuangan

2.3.5        Ekstra kulikuler

2.4

2.4.1        UTS

2.4.2        UKK

2.4.3        Ujian Sekolah

2.4.4        Ujian Nasional

2.4.5        Pelaporan

2.4.6        Penulisan

2.5

2.5.1        Penulisan

2.5.2        Penyerahan

2.6

 

 

 

 

 

NO JENIS KEGIATAN SASARAN WAKTU
  KEMURIDAN

3

3.1    PMB

 

 

 

 

3.2    Hari pertama sekolah

 

3.3    Pelaksanaan program sekolah / BP

3.4    Menyalurkan program

 

PERSONALIA

4

4.1    Usul kenaikan pangkat berkala

4.2    Kesejahteraan sekolah

 

4.3    Pembagian tugas guru

 

PERALATAN SEKOLAH

5

5.1    Inventaris buku

 

5.2    Inventaris gudang

 

KEUANGAN

6

6.1    Penerimaan Sumber Dana

 

6.2    Pengolahan sumber dana

 

HUB. MASYARAKAT

7

7.1    Pertemuan

 

3

3.1

3.1.1        Pengumuman pendaftaran PMB

3.1.2        Pengumuman / penolakan PMB

3.1.3        Daftar ulang PMB

3.2

3.2.1        Pengenalan

3.2.2        Pendataan

3.3

3.3.1        Program sekolah

 

3.4

3.4.1        Hari efektif

 

 

4

4.1

4.1.1        PAK / nasib guru

 

4.2

4.2.1        Koperasi

4.2.2

4.3

4.3.1        Guru / wali kelas

4.3.2        Tugas lainnya

 

5

5.1

5.1.1        Buku pelajaran

5.1.2        Buku perpustakaan

5.2

5.2.1        Perawatan

 

 

6

6.1

6.1.1        Dana kompensasi BBM (BOS)

6.1.2        Dana Beasiswa

6.2

6.2.1        Juklak BOS

6.2.2        Buku kas / Laporan

 

 

7

7.1

7.1.1        Komite sekolah

7.1.2        Paguyuban Kelas

 

 

 

 

 

PENJABARAN PROGRAM KERJA

TAHUN PEMBELAJARAN 2011-2012

 

  1. 1.    KEGIATAN UMUM

1.1    Mengadakan Rapat

1.1.1 Rapat di sekolah

Setiap akhir bulan kepala sekolah dan guru, mengadakan pertemuan dengan pokok bahasan :  –      Informasi hasil rapat kepala sekolah

–            Kendala pelaksana program

–            Pemecahan masalah

–            Lain-lain

1.1.2 Rapat rutin

Setiap awal bulan mengikuti rapat dinas di Kantor UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Botolinggo

1.1.3 Rapat lainnya

–          Setiap hari sabtu jam ke VI dan VII mengadakan pertemuan dengan guru untuk membahas :

Kegiatan belajar mengajar dan permasalahannya.

Penyelesaian administrasi.

1.2    Penataran Guru

1.2.1 Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diprogramkan untuk mengikut sertakan guru pada penataran yang diadakan oleh Dinas Pendidikan

1.2.2 KKG / KKS

Untuk mengembangkan wawasan khususnya dibidang pendidikan para guru dan kepala sekolah harus mengikuti kegiatan KKG dan KKS

1.3    Libur Sekolah

1.3.1  Libur semester I                     : 1 Januari 2012 s/d 14 Januari 2012

Libur semester II                    : 25 Juni 2012  s/d 7 Juli 2012

1.3.2  Libur keagamaan :

–  Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW      : 17 Juni 2012

–  Libur awal puasa                                    : 17 Juli 2012

–  Libur sekitar hari raya Idul Fitri            : 15-29  Agustus 2012

–  Wafatnya Isa Al Masih                          : 6 April 2012

–  Hari Natal                                              : 25 Desember 2006

–  Hari raya Idul Adha                              : 26 Oktober 2012

–  Tahun Baru                                            : 1 Januari 2012

–  Tahun baru hijriah                                  : 15 November 2012

–   Tahun baru saka                                    : 19 Maret 2012

–   Maulid Nabi Muhammad SAW           : 5 Pebruari 2012

–  Tahun Baru Imlek                                  : 23 Januari 2012

–  Kenaikan Yesus Kristus                        : 17 Mei 2012

–  Hari Waisak                                           : 6 Mei 2012

1.4    Upacara

1.4.1   Upacara Nasional :

Upacara nasional disesuaikan dengan undangan dari Dinas Pendidikan atau Kepala Wilayah.

1.4.2   Bendera :

Upacara bendera dilaksanakan tiap hari senin di sekolah dan petunjuk dari dinas. Yang perlu disiapkan :

–          Teks pancasila

–          Teks pembukaan UUD 1945

–          Bendera merah putih

–          Petugas : pembina upacara                                 : Ka. Sekolah / Guru

–          Pengibar bendera                                                : Siswa

–          Lagu Indonesia raya                                           : Siswa

–          Pembina upacara bergantian tiap hari senin

1.4.3   Upacara Keagamaan :

Upacara keagamaan dilaksanakan berdasarkan petunjuk PAI / Dinas Pendidikan

–          Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 5 Februari 2012

–          Halal bi halal pada tanggal September 2012

  1. 2.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

2.1    Persiapan Mengajar

2.1.1   Buku persiapan

Persiapan harian dibuat tiap hari sesuai yang akan diajarkan perpedoman pada kurikulum 2006

2.1.2   Buku rangkuman

Guru agar membuat buku rangkuman yang berisi inti sari pelajaran yang akan disajikan. Selain itu juga harus ada buku rangkuman evaluasi

2.2    Penyajian

2.2.1   Jalan penyajian

Penyajian harus berpedoman pada persiapan yang telah dibuat, buku paket, buku penunjang dan buku lainnya yang dapat membantu suksesnya pembelajaran.

2.3    Penilaian dan Pembinaan Kelas

2.3.1   Penilaian dan Pemibinaan kelas dilaksanakan setiap hari meliput :

–         Program semester / alokasi waktu dilakukan awal semester

–         Persiapan harian dilaksanakan tiap hari

–         Rangkuman evaluasi pada daftar nilai

–         Buku analisa dilaksanakan setiap sesudah ada evaluasi

–         Pengayaan dan perbaikan dilaksanakan setiap sesudah evaluasi

–         Buku raport diisi setiap akhir semester

–         Mengisi nilai prestasi anak pada buku induk

–         Pencapaian taraf serap data rata-rata pada akhir semester

2.4    Pembagian Rapot

2.4.1   Raport diterima oleh orang tua/ wali murid. Pada waktu itu Kepala sekolah atau guru dapat menyampaikan pesan untuk meningkatkan prestasi anak.

–          Semester I pada tanggal                       : 23 Desember 2012

–          Semester II pada tanggal                     : 22 Juni 2012

2.4.2   Pengembalian

–          Penyerahan serentak pada akhir hari efektif tiap semester tanggal :

Semester I         : 24 Desember 2012

Semester II        : 23 Juni 2012

2.5    Pelaksanaan US

2.5.1   Pelaksanaan US  diselenggarakan perkelompok SD ditempatkan di SDN Lumutan 01

2.5.2   Juklak dan Juknis, menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bondowoso

 

  1. 3.    KEMURIDAN

3.1  Penerimaan Murid Baru

3.1.1   Pembentukan PanitiaPenerimaan Murid Baru, tanggal 22 Juni 2012

–          Pelindung          : Putrowadi, S.Pd

–          Ketua                 : Muryati, A,Ma.Pd

–          Sekretaris           : Rohana, A.Ma.Pd

–          Bendahara         : Panji Amboro, S.Pd

–          Anggota            : 1. Dra Hilmia Aulia

  1. Sugiarto, S.Pd
  2. Fitrianingsih, S.Pd. SD

3.1.1

3.1.2   Pengumuman Pendaftaran Penerimaan Daftar Ulang

–          Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal             : 25 Juni s/d 30 Juni 2012

–          Pengumuman penerimaan pada tanggal             : 3 Juli 2012

–          Daftar ulang pada tanggal                                  : 5 Juli s/d 7 Juli 2012

3.2    Hari Efektif

3.2.1   Awal masuk sekolah selama 3 hari dari tanggal 9 Juli s/d 11 Juli 2012

Pengenalan pada kelas yang baru dan menata kelas masing-masing bersama wali kelas

3.2.2   Pendataan Murid

–          Wali kelas 1 tahun mendata murid baru dan memasukkan pada buku induk

–          Wali kelas lain membuat administrasi kelas antara lain :

–       Absensi murid                             –   Daftar piket

–       Daftar nilai                                  –   Bank data

–       Daftar pelajaran                          –   Inventaris kelas

 

3.3    Pelaksanaan program sekolah

3.3.1   Semua personalia wajib melaksanakan program sekolah

–          Membuat promis tiap semester

–          Membuat rencana pembelajaran

–          Membuat evaluasi tiap selesai penyampaian pembelajaran

–          Menilai dan memasukkan nilai pada daftar nilai

–          Menganalisis hasil evaluasi

–          Memberi perbaikan bagi yang mendapat nilai kurang

–          Memberi pengayaan bagi yang dapat nilai amat baik

3.3.2   Waktu pelaksanaan

Dilaksanakan pada hari efektif, kecuali ekstra kulikuler

–          Hari efektif  pada semester pertama                  : 109 hari

–          Hari efektif  pada semester ke dua                    : 110 hari

3.4    Menyalurkan program extra kulikuler

3.4.1   Setiap mata pelajaran yang taraf serapnya kurang dan tidak memenuhi target kurikulum agar melaksanakan remidial. Waktu disesuaikan dengan kebutuhan.

3.4.2   Ekstra kurikuler

Untuk melatih anak gemar olah raga dan menjadikan siswa sehat jasmani dan rohani

3.4.3. Ekstra kurikuler Drumband

Untuk menyalurkan bakat siswa dan mengurangi kenakalan siswa

 

  1. 4.    PERSONALIA

4.1    Usul kenaikan pangkat / berkala

4.1.1   Usul kenaikan pangkat memperhatikan

–          Pengajuan minimal 2 th setelah kenaikan pangkat yang telah terbit

–          Nilai cukup sesuai penilaian pangkatnya

–          Mempunyai nilai DPPP rata-rata baik

4.1.2   Usul kenaikan berkala

Bagi guru yang mempunyai masa kerja 2 tahun dari kenaikan pangkat atau berkala berhak memajukan atau diajukan kenaikan gaji berkala.

4.2    Kesejahteraan Sekolah

4.2.1   Kesejahteraan sekolah melalui simpan pinjam

–          Personalia diharuskan untuk menjadi anggota Koperasi Pegawai Negeri Kecamatan Botolinggo (Koperasi Karya Sejahtera) agar apabila ada kebutuhan bisa pinjam.

–          Selain koperasi di kecamatan disekolah membentuk organisasi simpan pinjam untuk mengantisipasi kebutuhan personalia.

4.3    Pembagian Tugas Guru

4.3.1   Pembagian tugas guru berdasarkan pada SK kepala sekolah

4.3.2   Pembagian tugas lainnya

–          Kepanitiaan disekolah

–          Daftar piket

–          Ekstra dan intra kurikuler

  1. 5.    PERALATAN SEKOLAH

5.1    Buku Inventaris

5.1.1   Buku inventaris gedung

–          Ukuran              panjang 7 m, lebar 6 m, dan luas 42 m2

–          Batas sebelah selatan jalan kecamatan, sebelah barat jalan desa, sebelah utara jalan desa, sebelah timur pekarangan P.Supriyadi dan P.Dana

5.1.2   Inventaris gedung

–          Gedung sekolah bangunan 1974, 3 unit 8 kelas, 2 kamar mandi

5.1.3   Inventaris barang

Barang yang ada disekolah dicatat pada buku inventaris barang diantara mebelair, lambang, bendera dsb.

5.1.4   Inventaris buku

Buku paket, buku penunjang, dan buku bacaan dicatat pada buku perpustakaan.

 

  1. 6.    KEUANGAN

6.1    Sumber Dana

6.1.1   Pemerintah pusat berupa PKPS BBM yang disebut BOS

–          Penerimaan 146 x 325.000 = 34.310.000,-  dalam 1 tahun

–          Penggunaan sesuai dengan RAPBS

6.1.2   Sumbangan dari wali murid / masyarakat

–          Kekurangan dari dana RAPBS diminta kepada wali murid melalui musyawarah

6.2    Pengelolaan sumber dana

6.2.1   Pengelolaan dana disesuaikan dengan juklak dan juknis dari BOS

6.2.2   Buku Kas dan Pelaporan

–          Lapran BOS dibuat tiap akhir bulan

–          Tiap pemasukan dan pengeluaran dimasukkan buku kas (K3)

–          Tiap gaji dimasukkan pada buku kas gaji

  1. 7.    HUBUNGAN KEMASYARAKATAN

7.1    Pertemuan

7.1.1   Pertemuan dengan Komite Sekolah

–          Membahas RAPBS pada awal tahun ajaran baru

–          Pertemuan rutin setiap triwulan membahas kendala-kendala dan rencana yang tidak tercantum dalam program sekolah maupun program komite.

7.1.2   Pertemuan Wali Murid

–          Pertemuan rutin setiap akhir semester, untuk menyampaikan laporan hasil belajar anak selama satu semester.

–          Kunjungan rumah anak didik, hal ini apabila terjadi anak sakit atau anak mempunyai masalah disekolah.

–          Keberhasilan ini tergantung pada kerja sama antar sekolah, komite dan wali murid.

7.2    Pemeliharaan fisik Sekolah

7.2.1   Pemeliharaan fisik gedung sekolah dan keindahan bekerja sama dengan keluarga besar SD Negeri Lumutan 01

–          Perbaikan gedung

–          Perbaikan langit-langit

–          Pengecetan tembok 3 kali 1 tahun

7.2.2   Pemeliharaan mobelair

–          Bangku anak

–          Meja guru

–          lemari

7.2.3   Pemeliharaan keindahan dan kebersihan

–          Pemeliharaan kindahan dan kebersihaan direncanakan pemafingan halaman sekolah yang akan dikerjakan 3 tahun tiap tahun 100 m2

–          Pemeliharaan keindahan menanam bunga dihalaman dan dipot bunga, bunga-bungayang ada dipelihara dengan baik.

–          Membuat tempat pembuangan sampah akhir.

 

 

 

Lumutan, 14 Juli 2011

 

Mengetahui,

Kepala SDN Lumutan 01

 

 

 

PUTROWADI, S.Pd

NIP. 19601004 198112 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TARGET PROGRAM KEPALA SEKOLAH

SEKOLAH DASAR NEGERI LUMUTAN 01

TAHUN 2011-2012

 

NO PROGRAM KEPALA SEKOLAH STANDAR
1 Penerimaan murid baru 30 orang
2 Kenaikan  kelas 100 %
3 Kelulusan 100 %
4 Melanjutkan ke Jenjang SLTP/MTs 100 %
5 Drop out 0 %
6 Nilai semester terendah  
 
  1. PKN
6,50
 
  1. Bahasa Indonesia
6,50
 
  1. IPA
6,50
 
  1. Matematika
6,00
 
  1. IPS
6,50
 
  1. BTQ
6,00
 
  1. Agama
6,50
 
  1. Bahasa Madura
6,00
 
  1. Bahasa Inggris
6,00
 
  1. Penjas Orkes
6,50
 
  1. SBK
6,50
     
7 Hasil UAS terendah  
 
  1. PKN
5,60
 
  1. Bahasa Indonesia
5,60
 
  1. IPA
5,60
 
  1. Matematika
5,60
 
  1. IPS
5,60
 
  1. BTQ
5,60
 
  1. Agama
5,60
 
  1. Bahasa Madura
5,60
 
  1. Bahasa Inggris
5,60
 
  1. Penjas Orkes
5,60
 
  1. SBK
5,60
 
  1. PKN
5,60
8 Kegiatan lomba yang diharap juara  
 
  1. Volly ball
Juara 1
 
  1. Tenis meja
Juara 1
 
  1. Lari 100 M
Juara 1
 
  1. Lari 1000 M
Juara 2
 
  1. Melukis
Juara 1
 
  1. Keagamaan
Juara 1
 
  1. Gerak jalan
Juara 1
 
  1. Senam
Juara 1
 
  1. Karaoke
Juara 1
9 Peningkatan SDM Melalui :  
 
  1. Memberi dorongan untuk melanjutkan pendidikan
5 orang
 
  1. Mengikutsertakan penataran
Semua guru

 

Lumutan, 14 Juli 2011

Mengetahui,

Kepala SDN Lumutan 01

 

 

PUTROWADI, S.Pd

NIP. 19601004 198112 1 003

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s