SOAL PENGEMBANGAN PROFESI

SOAL PENGEMBANGAN PROFESI

 

  1. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen adalah pandangan belajar yang dipebgaruhi oleh teori belajar :
    1. Behaviorisme                                   d. Konstruktivisme
    2. Kognitivisme                                    e. Konstruktivisme radikal
    3. Behaviorisme-kognitivisme

 

  1. Seorang guru merancang penataan isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa. Keputusan guru tersebut menerapkan teori belajar apa?
    1. Behavioristik                                    d. Konstruktivismekognitif
    2. Kognitivistik                                     e. Konstrutivistik
    3. Behavioristik-kognitivistik

 

  1. Kita pernah mengenal kaidah merumuskan tujuan instruksional, bahwa tujuan instruksional harus dirumuskan dengan kata opersional, teramati, terukur dan adalam kondisi tertentu. Kaidah ini didasari oleh balajar apa ?
    1. Behavioristik                                    d. Konstruktivisme kognitif
    2. Kognitivistik                                     e. Konstruktivistik
    3. Behavioristik-kognitivistik

 

  1. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individuberdasarkan pengalamannya sehari – hari diteorikan oleh para :
    1. Behavicris                                        d. Konstruktivis
    2. Kognitivis                                         e. Humanis
    3. Kognitivis-bihavioris

 

  1. Menurut Howard Gardner, orang yang sukses di bidang arsitektur mengindikasikan orang tersebut memiliki keunggulan kecerdasan ….
    1. Logika matematika                           d. Teknikal
    2. Kinestetik                                         e. Intrapersonal
    3. Spasial

 

  1. Orang yang memilik gaya Kognitif Field Dependen ( FD ) akan lebih mudah belajar apabila diberi bahan ajar yang ……….
    1. Isinya mempelajari peluang ia menganalisis dan mensistesis isi
    2. Isinya sudah ditata sedemikian rupa sehingga membentuk pola pengetahuan
    3. Isinya banyak mengandung gambar – gambar
    4. Isinya mengandung abstraksi
    5. Isinya meluas

 

  1. Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran ?
    1. Perilaku guru sebagai panutan, digugu dan ditiru
    2. Guru sebagai sumber ilmu
    3. Keputusan tindakan guru menenetukan jenis dan kwalitas belajar siswa
    4. Tanpa guru proses belajar mengajar siswa terganggu
    5. Guru mengejawantahkan isi kurikulum

 

  1. Untuk apa guru harus memahami karakteristik peserta didik secara mendalam ?
    1. Mengukur kemampuan awal
    2. Mengetahui kecerdasan rata – rata
    3. Menetapkan strategi pembelajaran
    4. Memudahkan dalam memberikan penilaian
    5. Memberi pembelajaran remedial.
    6. Untuk apa kita perlu mengukur awal kemampuan siswa ?
      1. Menetapkan jurusan yang cocok bagi siswa bersangkutan
      2. Membuat urutan materi pembelajaran
      3. Mengorganisasi isi pembelajaran
      4. Mengetahui kemampuan prasyarat pembelajaran
      5. Merumuskan dan menetapkan tujuan instruksional khusus

 

  1. Mengapa kita perlu menganalisis kompetensi?
    1. Karena perlu merancang pembelajaran
    2. Agar lulusan mendapat jaminan dapat bekerja
    3. Mengenali jenis jenis ketrampilan yang membentuk kompetensi itu secara lebih cermat
    4. Karena kompetensi menjadi syarat penyusunan KTSP
    5. Untuk meningkatkan profesionalitas guru

 

  1. Segera setelah kita melakukan analisis kompetensi, apa yang dapat kita lakukan dalam merancang pembelajaran ?
    1. Analisi karakteristik siswa
    2. Analisi pembelajaran dan sumber belajar
    3. Penataan ( pengorganisasian ) isi pembelajaran
    4. Penetapan strategi penyampaian isi pembelajaran
    5. Penetapan tujuan khusus pembelajaran

 

  1. Apa tujuan utama kita menata isi pembelajaran ?
    1. Memudahkan guru mencari bahan ajar yang sesuai
    2. Memudahkan belajar siswa
    3. Memudahkan guru menetapkan urutan pembelajaran
    4. Memudahkan guru menyusun alat evaluasi
    5. Memudahkan siswa belajar kelompok

 

  1. Standart proses pembelajaran sebagaimana dituangkan dalam Permendiknas 41 tahun 2007, mensyaratkan kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan eksplorasi, elaborasi dan klarifikasi (konfirmasi). Kegiatan berikut ini mana yang termasuk kegiatan eksplorasi ?

a. Guru mengukur kemampuan siswa

b. Guru menggali konsepsi siswa tentang ilmu pengetahuan

c. Siswa melakukan observasi lapangan

d. Guru menggali konsepsi siswa tentang ilmu pengetahuan dan siswa melakukan observasi

e. Kegiatan berturut – turut prediksi-observasi-eksplanasi

 

  1. Pada umumnya dalam buku teks diberi rangkuman atau ringkasan. Apa kegunaan ringkasan dalam buku teks ?
    1. Dapat membantu pembaca membuat catatan inti
    2. Dapat membantu pembaca dalam mengorganisasi isi teks yang sedang dibacanya
    3. Dapat membantu pembaca menemukan butiran-butiran penting dalam isi buku teks
    4. Membantu pembaca menemukan rumus – rumus kunci
    5. Memudahkan guru membuat instrumen penilaian

 

  1. Seperti nomor 13, kegiatan berikut ini mana yang termasuk dalam kegiatan klarifikasi ?
    1. Guru menyiapkan tugas – tugas yang menantang
    2. Guru melakukan probling
    3. Guru melakukan kegiatan berturut – turut : prediksi-observasi-eksplanasi
    4. Siswa melakukan observasi lapangan
    5. Guru membimbing siswa melakukan observasi lapangan

 

  1. Dalam konteks standart proses pembelajaran, jika guru memberikan tugas rumah kepada siswa sebagai sebagai kelanjutan dari kegiatan pembelajaran di sekolah agar siswa dapat menghaluskan ( refining ) pengetahuannya, maka guru tersebut tergolong melakukan kegiatan
    1. Elaborasi                                          d. Memberi tantangan
    2. Eksplorasi                                        e. refleksi
    3. Eksplanasi

 

  1. Dalam konteks standart proses pembelajaran, jika guru memberikan balikan kepada siswa atas unjuk kerjanya, maka tindakan ini guru tersebut digolongkan ke dalam kegiatan …………
    1. Elaborasi                                          d. Memberi tantangan
    2. Eksplorasi                                        e. Refleksi
    3. Eksplanasi

 

  1. Komunikasi interkatif dalam pembelajaran adalah mengemban misi. Oleh karena itu komunikasi di dalam kelas merupakan komunikasi yang khas, berupa siklus interaktif kehidupan kelas yang penuh dengan komunikasi transaksional. Oleh karena itu implementasi RPP di dalam kelas merupakan ……….
    1. Prosedur operasional standart
    2. Prosedur yang memenuhi baku mutu
    3. Penyesuaian-penyelesaian sejalan dengan dinamika kelas
    4. Dukungan bahan ajar
    5. Evaluasi berkelanjutan

 

  1. Salah satu strategi pengembangan diri dalam rangka pengembangan profesionalitas guru secara berkelanjutan adalah guru melakukan pembelajaran dengan siklus penelitian tindakan kelas. Mengapa ?
    1. Siklus penelitian tindakan kelas merupakan siklus belajar
    2. Dengan siklus penelitian tindakan kelas, pembelajaran menggairahkan
    3. Dengan siklus penelitian tindakan kelas, pembelajaran memberikan umpan balik
    4. Dengan siklus penelitian tindakan kelas, guru belajar dari prngalaman
    5. Dengan siklus tindakan kelas, guru melakukan pembelajaran yang bermutu

 

  1. Ciri – ciri penilaian yang konstruktivistik adalh sebagai berikut, kecuali ……………
    1. Memandang proses belajar sama dengan hasil belajar
    2. Penilaian terintegrasi dengan pembelajaran
    3. Siswa aktif mengevaluasi pekerjaannya sendiri
    4. Mengukur daya serap siswa
    5. Penilaian untuk mendukung proses belajar siswa

 

  1. Tidak termasuk dalam kompetensi pedagogik seorang guru, adalah kemampuan guru ………….
    1. Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
    2. Menggunakan atau memanfaatkan media pembelajaran
    3. Berkomunikaqsi secara santun namun efektif dengan murid dan teman sejawat
    4. Memahami perkembangan intelektual dan emosional siswa
    5. Menanamkan kebiasaan tidak mencontek saat ulangan

 

  1. Tidak termasuk dalam pengembangan kompetensi profesional seorang guru, adalah kegiatan……..
    1. Mengikuti diklat Penelitian Tindakan kelas ( PTK )
    2. Mengikuti diklat pendalaman materi
    3. Mengikuti diklat pengembangan media pembelajaran
    4. Mengikuti diklat pengembangan Kompetensi dasar ( KD ) menjadi indikator
    5. Mengikuti seminar kurikulum bidang studi

 

  1. Termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara santun namun efektif
    1. Kepada murid dan sejawat guru
    2. Kepada kepala sekolah maupun karyawan lain
    3. Dalam rapat guru maupun kelas
    4. a,b dan c benar
    5. a,b dan c salah

 

  1. Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesmen rencanma pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan diri dalam………
    1. Kompetensi pedagogik                      d. Kompetensi profesional
    2. Kompetensi sosial                             e. Keempat kompetensi guru
    3. Kompetensi kepribadian

 

  1. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah dan kelas merupakan ranah ………
    1. Kompetensi sosial                             d. Kompetensi pedagogik
    2. Kompetensi kepribadian                    e. Keempat kompetensi guru
    3. Kompetensi profesional

 

  1. Dalam satu sekolah, beberapa orang gurui sebidang pelajaran bekerjasama merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri dalam ranah …………
    1. Kompetensi sosial dan kompetensi pedagogik
    2. Kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik
    3. Kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional
    4. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial
    5. Kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian

 

  1. Seorang guru menyusun Rencana Program Pembelajaran ( RPP ) harus dilandasi kesadaran, bahwa ……
    1. RPP merupakan bagian dari adminstrasi sekolah
    2. Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan
    3. RPP merupakan bagian kelengkapan portofolio sertifikasi
    4. RPP merupakan hasil kesepakatan KKG yang harus dilaksanakan
    5. Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi

 

  1. Setelah sertifikasi seorang guru berkeinginan dan berencana akan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membiayai pembantu rumah tangga, agar guru tersebut mempunyai tambahan waktu untuk menyusun RPP. Keinginan dan rencana tersebut merupakan usaha untuk mengembangkan diri dalam ranah …….
    1. Kompetensi pedagogik
    2. Kompetensi kepribadian
    3. Kompetensi sosial
    4. Kompetensi profesional
    5. Keempat kompetensi guru

 

  1. Seorang guru yang perokok, membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru maupun dalam rapat guru. Guru tersebut telah mengembangkan diri dalam ranah …………
    1. Kompetensi profesional
    2. Kompetensi kepribadian
    3. Kompetensi sosial
    4. Kompetensi pedagogik
    5. Keempat kompetensi guru

 

  1. Seorang guru yang perokok, marah ketika teman sejawatnya mengingatkan untuk tidak merokok di dalam kelas. Kejadian tersebut merupakan contoh  ranah ……….
    1. Kompetensi profesional dan sosial
    2. Kompetensi kepribadian dan sosial
    3. Kompetensi sosial pedagogik
    4. Kompetensi pedagogik dan profesional
    5. Keempat kompetensi guru

 

2 Balasan ke SOAL PENGEMBANGAN PROFESI

  1. BOEDI berkata:

    KOK GAK DILENGKAPI KUNCI JAWABAN COY,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s